RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / 1
Standar Kompetensi : Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar : Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai
dengan prosedur
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Indikator : - siswa dapat merangkai konsole komputer, keyboard,
mos dengan benar
- siswa dapat menghidupkan komputer dengan benar
- siswa dapat mematikan komputer dengan benar
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu mengoperasikan komputer
- Siswa mampu merakit perlengkapan komputer
- Siswa mampu menghidupkan komputer dengan prosedur yang benar
- Siswa mampu mematikan komputer dengan prosedur yang benar
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
- Fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat pada console/system unit
- Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer
III. Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
- Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran hari ini
- Siswa menyimak berbagai informasi dan pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru
- Guru mendemonstrasikan cara merakit konsole komputer
- Siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai cara merakit komputer dengan benar
- Siswa mempraktekkan secara individual/berpasangan/berkelompok untuk merakit perlengkapan komputer..
- Guru berkeliling mengecek kemampuan siswa melakukan kegiatan diatas, membantu siswa yang belum terampil
- Guru membimbing siswa, memberi pengayaan bagi yang berkemampuan lebih, dan membantu siswa yang berkemampuan kurang
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan tulisan dengan beberapa kesalahan ketik yang harus diedit oleh siswa untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
VI. Penilaian :
- Penugasan individu
- Uraian
- Praktik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / I
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1.
Kompetensi Dasar : 1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa
program aplikasi
Indikator : - mampu menggunakan beberapa program aplikasi
- mampu mengenal aplikasi dalam operating sistem
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu mengenal beberapa kelompok program aplikasi
- Siswa mampu mengenal aplikasi dalam operating system
- Siswa mampu menggunakan beberapa program aplikasi dalam OS
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
- macam-macam perangkat lunak beserta fungsinya
III. Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
- Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran hari ini
- Siswa menyimak berbagai informasi dan pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru
- Guru mendemonstrasikan berbagai macam perangkat lunak beserta
fungsinya
- Siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai perangkat lunak
- Siswa mempraktekkan secara individual/berpasangan/berkelompok untuk menggunakan berbagai program aplikasi yang sudah ada,
- Guru berkeliling mengecek kemampuan siswa melakukan kegiatan diatas, membantu siswa yang belum terampil
- Guru membimbing siswa, memberi pengayaan bagi yang berkemampuan lebih, dan membantu siswa yang berkemampuan kurang
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya bagaimana cara perbaikan dalam penanganan sistem yang terkadang mengalami gangguan.
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
VI. Penilaian :
i.Penilaian Unjuk Kerja
- Penugasan individu
- Uraian
- Praktik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / I
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer,
dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator :
- Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi
- Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi
- Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya
- Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menjelaskan pengertian dari teknologi informasi
- Siswa mampu Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk
teknologi informasi beserta fungsinya
- Siswa mampu menggunakan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya
- Siswa menggunakan menu
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
- Input, proses, output yang berkaitan dengan informasi
- Teknologi informasi dan komunikasi
III. Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
- Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran hari ini
- Siswa menyimak berbagai informasi dan pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru
- Guru Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi
beserta fungsinya
- Siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai peralatan TIK
- Guru berkeliling mengecek kemampuan siswa melakukan kegiatan diatas, membantu siswa yang belum terampil menggunakan peralatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari hari itu
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan kepada siswa untuk mencari fungsi dan kegunaan dari peralatan teknologi informasi
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
VI. Penilaian :
- Penugasan individu
- Uraian
- Praktik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / I
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 2.2 Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan
telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)i
Indikator :
- Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel
- Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel
- Siswa mampu Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk jaringan komunikasi
- Siswa mampu menggunakan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta fungsinya
- Siswa mampu menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
- Jaringan Telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
III. Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
- Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran hari ini
- Siswa menyimak berbagai informasi dan pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru
- Guru Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai peralatan telekomunikasi dan informasi
- Guru berkeliling mengecek kemampuan siswa melakukan kegiatan diatas, membantu siswa yang belum mengenal peralatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari harii itu
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan kepada siswa untuk mencari jenis dan kegunaan dari peralatan teknologi informasi tugas
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
VI. Penilaian :
- Penugasan individu
- Uraian
- Praktik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 2.3 Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja
perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan
komunikasi
Indikator :
- Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi informasi beserta fungsinya
- Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya
- Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informas
- Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
- Macam-macam aplikasi perangkat lunak beserta fungsinya
III. Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- Praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
- Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran hari ini
- Siswa menyimak berbagai informasi dan pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru
- Guru menjelaskan macam-macam aplikasi perangkat lunak
- Siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai peralatan
- Guru berkeliling mengecek kemampuan siswa melakukan kegiatan diatas, membantu siswa yang belum mengenal macam-macam aplikasi perangkat lunak.
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu
- Guru menugaskan secara random kepada siswa untuk mendemonstrasikan berbagai keterampilan yang telah dipelajari harii itu
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan kepada siswa untuk mencari jenis dan kegunaan dari peralatan teknologi informasi tugas
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
VI. Penilaian :
- Penugasan individu
- Uraian
- Praktik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 3.1 . Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika
dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat
lunak teknologi informasi dan komunikasi.
Indikator :
- Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta
- Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
- Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta
- Menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu Menjelaskan tentang aturan-aturan hak cipta
- siswa mampu menerapkan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
- Etika dan Moral dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
III. Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
- Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran hari ini
- Siswa menyimak berbagai informasi dan pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru
- Guru menjelaskan aturan-aturan hak cipta yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
- Siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai peralatan telekomunikasi dan informasi
- Guru berkeliling mengecek kemampuan siswa melakukan kegiatan diatas, membantu siswa yang belum mengetahui etika dan moral dalam penggunaan teknoloi informasi dan komunikasi.
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan kasus penyalahgunaan teknologi informasi beserta efek yang diakibatkan.
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
VI. Penilaian :
- Penugasan individu
- Uraian
- Praktik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
Mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / I
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar : 3.2 Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi
Indikator : - Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
- Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu Memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
- Siswa mampu Mendemonstrasikan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
- Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam penggunaan TIK
III. Metode Pembelajaran :
- Tanya Jawab
- Kerja kelompok
- Diskusi
- Demonstrasi
- praktik
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan berbagai jenis kegiatan, seperti mengemukakan kejadian terkini yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (dengan harapan siswa menanggapinya)
B. Kegiatan Inti
- Guru mengemukakan berbagai informasi dan pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran hari ini
- Siswa menyimak berbagai informasi dan pertanyaan yang diajukan oleh guru
- Siswa memberikan tanggapan dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada guru
- - Guru cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
- Siswa mengajukan berbagai pertanyaan mengenai peralatan telekomunikasi dan informasi
- Guru berkeliling mengecek kemampuan siswa melakukan kegiatan diatas, membantu siswa yang belum melaksanakan cara menggunakan komputer dengan memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
C. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan pertanyaan mengenai keadaan secara keseluruhan (materi ajar, perasaan dan pendapat siswa secara keseluruhan) yang dipelajari hari itu
- Siswa diberikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran, misalnya guru memberikan persoalan tentang apa yang efek yang ditimbulkan apabila tidak menggunakan komputer dengan baik dan benar.
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Komputer
- Buku panduan
- Alat tulis
- Tulisan yang harus diedit
VI. Penilaian :
- Penugasan individu
- Uraian
- Praktik
Posting Komentar