Selamat Datang di Portal MA NU DARUL HIKAM KUDUS

Materi Prakarya Kewirausahaan Bab 1 kelas 12 MA Darul Hikam Kerajinan Pasar Lokal .....

Anaku kelas XII MA Darul Hikam yang hebat ......Mohon maaf Bapak Syaifudin tidak bisa mendampingi pembelajaran pada hari ini Ahhad 31 Juli 2022, karena ada kegiatan mengikuti Ujian Pengetahuan PPG dalam jabatan angkatan ke-1 tahun 2022....

Baiklah sebelum kalian memahami kegiatan PKWU kelas 12...maka pastikan kalian telah mengikuti pembelajaran dari video kali ini sehingga kalian dalam pertemuan mendatang bisa kita bahas bersama....




KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
Pengertian Pasar Lokal dan Potensinya

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan:
1. Memahami pengertian pasar lokal
2. Memahami potensi pasar lokal
3. Memahami kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar lokal

B. Uraian Materi

Pasar sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu. Baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Menurut kajian ilmu ekonomi, pasar merupakan suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang atau jasa tertentu. Proses interaksi tersebut dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

Definisi atau pengertian pasar adalah tempat bertemunya antara penjual & pembeli untuk bertransaksi jual beli barang maupun jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatan bukan tempatnya. Ciri khas dari sebuah tempat agar dapat disebut pasar adalah adanya kegiatan transaksi jual beli.

Konsumen akan datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa sejumlah uang untuk membayar harganya. Pasar merupakan salah satu dari berbagai macam sistem, institusi, prosedur, dan hubungan sosial serta infrastuktur dimana terdapat usaha menjual barang, jasa dan, tenaga kerja untuk orang-orang dengan adanya imbalan berupa uang. Kegiatan transaksi dalam pasar ini merupakan bagian dari sistem perekonomian.

Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang merupakan bagian dari kegiatan perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas barang maupun layanankepada konsumen. Dua orang mungkin bisa melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran,
jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota. Kerajinan Pasar Lokal adalah pasar yang hanya ada atau hanya terdapat pada suatu daerah atau wilayah tertentu saja.

Contohnya: Kerajinan batik.
Keinginan dan kebutuhan memang merupakan pilihan yang membingungkan. terutama mereka yang ingin mewujudkan sesuatu. Kebutuhan adalah semua barang yang dibutuhkan manusia demi menunjang segala aktivitas dalam kehidupan sehari-sehari manusia tersebut. Kebutuhan tidak akan lepas dari kehidupan sehari-sehari. Sedangkan keinginan adalah segala kebutuhan lebih terhadap barang ataupun jasa yang ingin dipenuhi setiap manusia pada sesuatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk segera terpenuhi. Keinginan lebih bersifat tambahan, ketika kebutuhan pokok telah terpenuhi.

Bagan 3. Potensi pasar Berdasarkan luasannya, 

Kebutuhan pasar lokal dapat diketahui dengan melakukan pengamatan terhadap pasar sasaran, sedangkan ide dari pengembangan produk dapat diperoleh dengan mengenali kebiasaan pasar sasaran didaerah setempat.

Berdasarkan luasannya, pasar dapat dibedakan menjadi: 3
1.    Pasar lokal; Pasar yang terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi
2.    Pasar nasional
3.    Pasar global/pasar internasional

Segmentasi pasar sasaran dapat dibedakan secara:
 Geografis atau tempat
 Demografis meliputi usia, gender, bangsa, etnis, pekerjaan, dan tingkat ekonomi
 Psikografis meliputi karakter kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian

C. Rangkuman
 

1.    Definisi atau pengertian pasar adalah tempat bertemunya antara penjual & pembeli untuk bertransaksi jual beli barang maupun jasa
2.    Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan dan penawaran dalam satu kota.
3.    Kebutuhan pasar lokal dapat diketahui dengan melakukan pengamatan terhadap pasar sasaran, sedangkan ide dari pengembangan produk dapat diperoleh dengan mengenali kebiasaan pasar sasaran didaerah setempat.
4.    Pasar dapat dibedakan berdasarkan luas pasar dan segmentasi pasar.

D. Penugasan Mandiri
Coba kalian amati wilayah sekitar kalian kemudian identifikasi produk kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal.
1.
2.
3.
dst

E. Latihan Soal
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar!
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar lokal!
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerajinan pasar lokal!
4. Sebutkan jenis pasar berdasarkan luas wilayah!
5. Sebutkan jenis pasar berdasarkan segmen pasar!

Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

 
Support : KB-TPATAMANPINTAR | Link here | Link here
Copyright © 2009. MA NU DARUL HIKAM KUDUS - All Rights Reserved
Template by LPK Maestro Published by Maestro Template
Proudly powered by Blogger